Rute Penerbangan Jakarta-Banyuwangi Kian Bertambah, Super Air Jet Terbang Perdana 31 Mei - kupasinfo.com

BANYUWANGI – Alternatif penerbangan menuju Banyuwangi kian bertambah. Dalam waktu dekat, maskapai Super Air Jet (SAJ) segera membuka rute baru Jakarta-Banyuwangi pergi pulang (PP). Trayek anyar tersebut bakal dibuka mulai 31 Mei 2023.

“Insya Allah sudah jelas. Jika tidak ada halangan maskapai Super Air Jet akan memulai penerbangan rute Jakarta–Banyuwangi pulang pergi (PP), 31 Mei mendatang,” kata Eksekutif General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Bandar Udara Internasional Banyuwangi, Indrawansyah, Selasa (16/5/ 2023).

Menurutnya penerbangan ini semakin melengkapi layanan penerbangan di Bandara Banyuwangi. “Ini akan menjadi opsi aksesibilitas menuju Banyuwangi. Kami optimistis, rute ini semakin mendongkrak kunjungan orang ke Banyuwangi. Apalagi wisata di Banyuwangi sudah kembali bergeliat,” kata Indra.

Indra menyebut tingkat okupansi di Bandara Banyuwangi terus meningkat dengan rata-rata pergerakan penumpang mencapai 500 orang per hari. Sehingga diperlukan lebih banyak alternatif layanan penerbangan.

Area Manager Lion Air Surabaya-Jawa Timur, Dyfi Suciyanti menjelaskan, SAJ akan membuka layanan dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK) tujuan Bandar Udara Banyuwangi (BWX). Untuk melayani rute ini, lanjut Dyfi, Super Air Jet akan mengoperasikan armada Airbus A320-200 berkapasitas 180 penumpang.

“Penerbangan ini akan tersedia setiap hari. Jakarta-Banyuwangi berangkat pukul 08.25 WIB. Banyuwangi-Jakarta pukul 10.55 WIB,” urai Dyfi, sapaan akrabnya.

Menurut Dyfi, Banyuwangi merupakan destinasi potensial untuk mengembangan rute baru. Selain potensi pariwisata, Banyuwangi juga memiliki banyak keunggulan yang membuat wisatawan hadir ke daerah ujung timur Pulau Jawa ini. Mulai ragam inovasi hingga beragam atraksi yang digelar sepanjang tahun dalam Banyuwangi Festival.

“Perkembangan Banyuwangi sangat pesat. Kunjungan wisatawan juga tinggi, termasuk kaum milenial. Inilah yang menjadi salah satu pertimbangan kami membuka rute baru Jakarta-Banyuwangi,” ujarnya.

Super Air Jet merupakan pelaku baru dalam dunia penerbangan Indonesia. Maskapai ini mengadopsi konsep Low Cost Carrier (maskapai berbiaya rendah), dengan target utamanya adalah kaum milenial.

Sementara Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya tambahan penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi oleh maskapai SAJ tersebut. “Ini kabar gembira. Semoga hadirnya rute potensial ini bisa menjadi tambahan pendorong ekonomi masyarakat,” kata Ipuk.

Menurut Ipuk, kehadiran Super Air Jet semakin melengkapi pilihan penerbangan bagi pelaku bisnis, wisatawan, maupun masyarakat. Apalagi, Super Air Jet menawarkan layanan maskapai berbiaya hemat, sehingga lebih terjangkau.

“Ini akan menjadi pilihan penerbangan yang menarik bagi semua pihak yang hendak berkunjung ke Banyuwangi, khususnya kaum milenial, yang ingin berwisata, maupun mengenyam pendidikan di Banyuwangi. Karena Super Air Jet di posisi LCC, tentunya tarifnya bersaing,” ujar Ipuk.

Dengan hadirnya Super Air Jet, pilihan penerbangan dari Jakarta ke Banyuwangi semakin bertambah. Selain Super Air Jet, PP rute Jakarta-Banyuwangi telah dilayani Batik Air dan Citilink. (*)