Padukan Wisata Edukasi dan Sejarah, Pantai Gumuk Kantong Muncar Berhasil Serap Ribuan Wisatawan Perminggu

Padukan Wisata Edukasi dan Sejarah, Pantai Gumuk Kantong Muncar Berhasil Serap Ribuan Wisatawan Permingguby adminon.Padukan Wisata Edukasi dan Sejarah, Pantai Gumuk Kantong Muncar Berhasil Serap Ribuan Wisatawan PermingguBanyuwangi, Kupasinfo.com – Kecamatan Muncar menyimpan potensi SDA yang melimpah baik dibidang industri, ekonomi, perikanan, dan yang lainnya. Ternyata, tempat ini juga memiliki potensi wisata pantai yang luar biasa misal destinasi Wisata Pantai Gumuk Kantong yang berada di Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar. Menurut Ketua Pokmaswas sekaligus Penasehat Pokdarwis Wisata Gumuk Kantong, Supriyanto, animo masyarakat yang […]

Banyuwangi, Kupasinfo.com – Kecamatan Muncar menyimpan potensi SDA yang melimpah baik dibidang industri, ekonomi, perikanan, dan yang lainnya. Ternyata, tempat ini juga memiliki potensi wisata pantai yang luar biasa misal destinasi Wisata Pantai Gumuk Kantong yang berada di Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar.

Menurut Ketua Pokmaswas sekaligus Penasehat Pokdarwis Wisata Gumuk Kantong, Supriyanto, animo masyarakat yang datang ke pantai Wisata Gumuk Kantong cukup besar. Meski baru dibuka dalam dua tahun terakhir ini, pendapatan yang didapat pelaku usaha UMKM bisa mencapai jutaan rupiah.

Camat Muncar bersama Penasehat Pokdarwis

 

Dulunya, wisata Gumuk Kantong masih belum terawat sama sekali, namun berkat kekompakan Pokdarwis, Pokmaswas dan masyarakat sekitar mampu menyulap tempat yang dulunya hutan menjadi tempat yang indah dan mempesona hingga bisa dinikmati masyarakat sekitar dan wisatawan.

Capaian ini tidak terlepas dari peran serta dukungan semua pihak terkait meliputi Pemerintah Kecamatan Muncar, Dinas Pariwisata, Anggota DPRD, Irianto S.H, dan lain-lain yang berkontribusi dalam proses pembangunan wisata pantai Gumuk Kantong.

Perbedaan dengan destinasi wisata lainnya, selain terdapat wisata edukasi berbasis ekosistem lingkungan hidup seperti penangkaran penyu, juga terdapat peninggalan situs Gua peninggalan zaman dulu yang menjadi daya tarik tersendiri.

“Disini juga ada edukasi pelepasan penyu tukik, kita sering kali melakukan pelepasan bahkan kemarin lusa ada pelepasan tukik. Sampai hari ini, kita ada 50 tukik yang siap lepas, rencananya ada edukasi untuk siswa-siswi di Sumbersewu,” ucap Supriyanto. (Pik)

Author: 

Related Posts

Comments are closed.